Aplikasi Palsu Playstore Menyerang Pengguna Poloniex



Menurut sumber berita media Rusia RBC, research antivirus Kaspersky dan ESET telah menemukan dua aplikasi tidak resmi yang menyerang pengguna di Google Play hingga menyebabkan hilangnya $140.000 atau hampir mencapai 2M dalam Rupiah.

Aplikasi tersebut berasal dari echangger kriptocurrency Poloniex, meskipun sebenarnya aplikasi ini bukan milik Poloniex. Melainkan hanya menggunakan namanya.

Setelah diunduh, pengguna dan memasukkan informasi login, dana dicuri dari akun Poloniex mereka. Menurut peneliti, sejauh ini sekitar 5.000 unduhan telah selesai.


"Kedua aplikasi ini mencoba mencuri data Poloniex dan juga mengambil akses ke email pengguna," kata Lukas Stefanko dari ESET dalam sebuah peringatan yang dikeluarkan minggu lalu.


Ancaman terbaru ini menambah daftar serangan yang saat ini menargetkan pengguna internet, dan memanfaatkan Bitcoin sebagai senjata.

Selain CryptoShuffler, yang memanfaatkan alat copy + paste untuk menggantikan alamat Bitcoin tujuan asli, minggu lalu ransomware mendapatkan uang tebusan dari malware Bitcoin mereka.

Bad Rabbit, yang menargetkan Rusia, Ukraina dan lebih banyak lagi, yang menunjukkan karakteristik serangan yang hampir sama dengan serangan WannaCry bulan Mei.

Stefanko sementara itu menyarankan pengguna untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor untuk mencegah agar tidak menjadi mangsa hacker.
Disqus Comments